Membuat Website untuk Awak Coffee Shop

Halo sobat kopi, apa kabarnya bro?

Pada kesempatan kali ini, kami ingin sharing tentang cara pembuatan website untuk awak coffeeshop. Hanya sekedar informasi, membuat website untuk coffeeshop itu sangatlah mudah, terlebih di era digital saat ini kita bisa membuat website secara gratis menggunakan platform blog.



Gunanya untuk Apa kita punya website?



Simple, yaitu Professionalisme dan Branding! Ya, jika sobat sekalian ingin membangun sebuah bisnis coffeeshop yang kredibel dan dikenal banyak orang, perlu sekali memiliki sebuah website sendiri didalam membangun brand image.

Bukannya sudah ada Instagram, Facebook, Youtube? emang harus punya website lagi?



Jawabannya Ya, facebook, youtube, instagram atau sosial media memang bisa kita gunakan untuk branding, dan memang kita harus aktif di sosial media untuk lebih dekat dengan pelanggan kita,

tapi....

Punya website sendiri ini ibaratnya adalah tempat dimana kita bisa memasukkan konten-konten lebih banyak lagi terkait brand sekaligus menyatukan semua sosial media kita didalam satu tempat. Seperti membukukannya di satu halaman. Mirip mading online dimana kita bisa masukin konten dari youtube, twitter, facebook, kedalam satu halaman.

Coffeeshop besar seperti Blue Bottle Coffee, Kurasu Kyoto, Klinik Kopi, Tanamera atau Intelegentsia  mereka memiliki website sendiri. Artinya mereka tetap memiliki website untuk membangun brand secara professional di dunia internet.

So, tunggu apa lagi, jika belum membuat website, segeralah punya website dan mulailah bercerita...

Cerita Awak Coffee.com


AwakCoffee.com ini, bisa sobat baca karena kami membuat website ini, disinilah kekuatan memiliki website sendiri ini, kami harap bisa bercerita lewat blog dan memasukkan banyak konten konten seru disini.

Berbagi informasi kopi, story telling perjalanan kami, semua ditumpahkan di website atau blog ini. Karena banyak hal-hal yg tidak bisa dibuat hanya menggunakan sosial media saja.

Selain itu website ini bahkan sudah duluan ada sebelum awak coffee kami bangun, karena memang kami mau fokus promosi lewat website, disini nanti semua hal dari membeli peralatan seduh kopi, sampai menjual kopi dari petani lokal akan kami pajang diwebsite ini.

Membuat Website Untuk Coffee Shop.


Sobat kopi yang mungkin pemilik coffeeshop, roasters, atau q grader yang mau membuat website seperti kami? Gampang kok, saya akan menjabarkannya dengan senang hati bagaimana kami membuat website ini disini beserta tips-tipsnya.

1. Menggunakan Blogspot

Kami membuat website awalnya dengan blogspot. Apa itu blogspot? Bisa sobat cari di google tentang platform blog ini. Gratis dan semua isi blog akan bertahan selamanya disini. Dengan blogspot, kita bisa membuat website layaknya diary.


2. Menggunakan Domain www.namadomain.com


Untuk mendapatkan nama www.awakcoffee.com agar bisa diketik dibrowser, kami harus membeli nama ini di tempat penjualan domain, kami membelinya dari rumahweb. Disini kami pesan domain harganya 110.000 pertahun. Murah kan.

3. Membuat Konten / Isi Website

Untuk membuat isi di dalam website juga sebenarnya mudah sekali, asal ada kreatifitas dalam menulis. Jika tidak ada, sobat kopi bisa ATM (Amati Tiru Modifikasi) artinya ide ide bisa didapatkan jika sobat melihat-lihat website kedai kopi lainnya.

Untuk membuat konten seru tentang kedai kopi, sobat bisa dengan menggunakan ide dibawah ini:
- Perjalanan wisata ke Kota-Kota Kopi
- Review Kedai Kopi yg Pernah Di Kunjungi
- Aktivitas-Aktivitas di Kedai Kopi
- Konten dari Barista, Crew, atau Pelanggan
- Review biji kopi
- Event-Event kopi yg berlangsung di kota sobat atau di kedai kopi sobat.
- Review peralatan membuat kopi.
- Rewrite isi website-website dari luar tentang kopi dijadikan bahasa indonesia.
- dll dll dll never ending idea....

4. Share Konten / Isi Website

Setelah isi konten website sobat jadi, jangan lupa share isi artikel atau konten sobat di social media. Beberapa sosmed yg paling direkomendasikan saat ini adalah:
- Facebook Share
- Google Plus +
- Twitter
- Forum-Forum seperti Kaskus
- Instagram dengan Link di Bio


5. Subscription / Berlangganan

Ini adalah sebuah marketing professional dimana sobat dapat membuat subscription atau mencari member-member yg mendaftar ke website sobat. Subscription ini tujuannya adalah agar pelanggan dapat info kalau sobat mengupdate website.

- Website Feed Subscription
- Coffee / Product Subscription
- Email Subscription for special contents

Subscription ini tujuan lainnya adalah sebagai sarana marketing, jika kita buka website blue bottle, kita bisa melihat subscription coffee terletak dipaling atas, tujuannya adalah menjual kopi, artinya member yg mendaftar akan dikirimkan kopi oleh si bluebottle.


The Conclusion

Membuat website bukan untuk gaya-gayaan semata, sobat membuat website tujuannya harus dapat memberikan sesuatu yg bermanfaat, apa itu pelajaran tentang kopi, atau hal-hal yg menjadi benefit pelanggan kedai kopi sobat.

Punya instagram bagus, punya fb bagus, punya web-web lain yg bagus is okay, tapi jika tiba-tiba di block sama mengkoinfo, siapa yg bisa bisa ngakses ke website tersebut? Tapi kalau punya website sendiri, asalkan tidak menyalah aturan, pasti bisa diakses oleh siapapun, karena kontrolnya ada di tangan sobat.

See you guys in the world wide web... dan yang baru membuat website, bisa komentar dan promosi websitenya di kolom komentar dibawah ini!


No comments :

Post a Comment